Surabaya Rek!

Wisata Surabaya | Surabaya Travel & Food Blog

Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo

| 14 Comments

Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo

Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo

Salah satu ikon tempat wisata baru di Surabaya, Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo! Baru saja diresmikan oleh walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini di hari Sabtu, 9 Juli 2016, setelah libur Hari Raya Idul Fitri. Selain jembatan Kenjeran Suroboyo yang menghubungkan jarak antara jalur MERR & jalan Laguna Surabaya dengan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Lama menjadi lebih dekat, yang menarik di jembatan ini yaitu adanya permainan air mancur menari (Dancing & Musical Fountain), yang sebelumnya hanya dapat dilihat di berbagai ikon tempat wisata di luar negeri.

Air Mancur Menari

Tidak mau kalah dengan luar negeri, air mancur menari Jembatan Kenjeran Suroboyo ini akan menari meliuk-liuk menampilkan berbagai tarian air mancur yang berbeda dengan lighting warna-warni yang akan berganti setiap waktu. Tarian air mancur menari ini juga akan diiringi dengan lagu Surabaya dan Jembatan Merah. Sayangnya penampilan air mancur menari sementara ini tidak tersedia setiap hari, hanya sekitar 1 jam saja pada hari Sabtu (Malam Minggu).

Info lebih lanjut dari detik.com : jadwal pertunjukan air mancur menari akan digelar tiap Sabtu malam dengan durasi 60 menit mulai pukul 20.00 Wib – 21.00 Wib.

Air Mancur Menari Kenjeran

Jembatan Kenjeran Suroboyo

Jembatan Kenjeran Suroboyo ini didesain melengkung, hampir menyerupai busur. Jembatan ini akan membelah garis pantai Kenjeran, tepatnya akan menghubungkan secara langsung jalan Pantai Ria Kenjeran lokasi Kenjeran Baru (Kenpark / Kenjeran Park) dengan jalan Pantai Kenjeran Lama yaitu lokasi Taman Hiburan Pantai (THP) di Kenjeran Lama. Jadi apabila anda dari arah MERR menuju ke jalan raya Kenjeran kemudian belok ke jalan Pantai Ria Kenjeran, anda akan dapat langsung terhubung melalui jembatan Kenjeran Suroboyo ini menuju ke jalan Pantai Kenjeran Lama.

Selain itu ke depannya Jembatan Kenjeran Suroboyo ini akan memberikan akses Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) Surabaya dari Jembatan Suramadu menuju Bandara Juanda dan sebaliknya.

Dengan adanya Jembatan Kenjeran Suroboyo ini kawasan Taman Hiburan Pantai (THP) di Kenjeran Lama dan juga Sentra Ikan Bulak (SIB) yang berada dekat dengan THP ini akan menjadi lebih hidup & lebih mudah dijangkau, sehingga pariwisata Kenjeran dan sekitarnya bisa lebih berkembang.

Lokasi Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo

Lokasi Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo yaitu terletak di jalan pantai Kenjeran Lama, yang dengan adanya jembatan Kenjeran Suroboyo ini akan langsung dapat ditembus melalui jalan pantai Ria Kenjeran. Posisi Air Mancur Menari sendiri berada di ujung jembatan bersebelahan dengan anjungan penyeberangan, yaitu tepatnya di Taman Hiburan Pantai (THP) di sisi Kenjeran Lama.

Selain Taman Hiburan Pantai, pengunjung di THP ini juga bisa menikmati aneka kuliner dan oleh-oleh khas Surabaya maupun Kenjeran di Taman Hiburan Pantai (THP), atau tidak jauh dari THP juga terdapat Sentra Ikan Bulak (SIB). Apabila taman dengan patung ikon Suro & Boyo di depan Sentra Ikan Bulak (SIB) menghadap ke arah laut sudah jadi, tentunya SIB bisa menjadi salah satu wisata pelengkap yang letaknya tidak jauh dari Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Sentra Ikan Bulak Kenjeran

Sentra Ikan Bulak

Sentra Ikan Bulak (SIB) dengan rencana perkembangan taman ikon Suro dan Boyo menghadap ke arah laut sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi, sayangnya masih sepi pengunjung dan keadaan bangunannya sendiri kurang begitu terawat. Sedikit renovasi dari pemerintah kota Surabaya akan membuat Sentra Ikan Bulak lebih menarik, dan semoga bisa lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Nantinya akan dibuat postingan tersendiri tentang Sentra Ikan Bulak ini.

Taman Hiburan Pantai (THP) – Pantai Kenjeran Lama

Salah satu akses masuk menuju Jembatan Kenjeran Suroboyo ini bisa lewat Taman Hiburan Pantai (THP) di sisi kiri jembatan atau pintu masuk pantai Kenjeran Lama di sisi kanan. Jembatan Kenjeran terletak di tengah, dengan anjungan penyeberangan yang sudah tersedia lift di sisi kanan & kiri untuk penyandang disabilitas. Dari atas anjungan penyeberangan di THP ini kita dapat melihat pemandangan Selat Madura. Sangat cocok bagi fotografer, terutama bagi anda yang suka dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) maupun matahari terbit (sunrise).

Semoga dengan adanya ikon tempat wisata baru Surabaya ini, image pantai Kenjeran yang dulunya sempat turun, bisa terangkat kembali dan menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi traveler yang akan menuju ke kota Surabaya. Masing-masing sisi pantai Kenjeran akan mempunyai daya tarik tersendiri, baik Kenpark atau Pantai Kenjeran Baru, dan pantai Kenjeran Lama yang sekarang dikenal juga dengan Taman Hiburan Pantai (THP), dengan adanya Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo.

Harga tiket masuk THP per Mei 2016: Rp. 10.000,-

Andy is an architect, who loves traveling & photography. He’s also a travel blogger & travel book writer. Follow his Instagram: @archtravelfood & read: About Andy in SurabayaRek

Author: Andy Kristono

Andy is an architect, who loves traveling & photography. He's also a travel blogger & travel book writer. Follow his Instagram: @archtravelfood & read: About Andy in SurabayaRek

14 Comments

  1. Ujung jembatan yang di utara akses keluar ke Suramadu kurang lebar, kapan dibangun lanjutannya?

  2. Cara menuju ke air mancurnya bagaimana min ?
    apakah harus turun dan memakirkan kendaraan ?
    apakah tidak bisa berhenti di air mancurnya ?

    • Saran mimin sebaiknya berhenti dan parkir di THP Kenjeran. Mungkin bisa datang dahulu 30 menit sampai 1 jam sebelumnya? Karena kondisi yang sekarang cukup membuat macet akses jalan dari & ke air mancur menari Jembatan Suroboyo ini..

  3. Cara menuju air mancurnya bagaimana ? Apakah bisa memarkirkan kendaraan ?

    • Saran mimin sebaiknya parkir di THP Kenjeran. Mungkin bisa datang dahulu 30 menit sampai 1 jam sebelumnya? Kondisi sekarang tiap Sabtu cukup macet akses jalan dari & ke air mancur menari Jembatan Suroboyo ini..

  4. Mas… Update tiket terbarunya berapa ? Apakah masih sama 10ribu/orang ?
    Trus pertunjukan air mancurnya apakah cuma dihari sabtu pukul 20.00-21.00 ?

    • Utk pertunjukan setau mimin masih di hari Sabtu saja, sedangkan harga tiket kurang tau apakah ada kenaikan, belum ke sana lagi karena cukup ramai sekarang setiap Sabtu :)

  5. yah pertunjukan air mancurnya cuman hari sabtu aja ya? padahal niat mau kesana hari minggu, sekalian ngajak teman jauh huhu dikira sabtu minggu

  6. Pingback: Spot Foto di Surabaya - Surabaya Rek!

  7. Walah cuma hari Sabtu aja ya? Kalau di weekdays enggak ada pertunjukannya ya pak?

  8. Pingback: Air Mancur Menari Jembatan Kenjeran Suroboyo – Nailah Rani

Leave a Reply

Required fields are marked *.